SELAYANG BAYANG

SELAMAT DATANG

adalah ruang di mana ada kehidupan yang saling menghidupi. Mungkin ada puisi, mungkin ada cerita, mungkin ada renungan atau oleh-oleh kecil atas sebuah perjalanan, mungkin ada imaji, bahkan mungkin sekedar omelan belaka. Suka maupun tak, apabila berkenan, tinggalkan jejak kata.
Apapun, selamat menikmati. Semoga menjadi inspirasi.
Terima kasih telah berkunjung.

Selasa, 26 April 2011

OLEH-OLEH



Makanan Kampung : ULI JEPRET

Terbungkuk-bungkuk jalan bapak penjual makanan ini. Memikul dagangannya keliling kampung di sekitar desa Pabuaran Poncol, Cilendek Timur, Bogor. Tadinya saya salah mengira, saya pikir sang bapak berjualan peuyeum ( tape singkong ). Setelah saya datangi ternyata dia berjualan makanan yang saya tak tahu apa namanya. Uli Jepret, jawabnya ketika saya tanya.

Makanan ini terbuat dari parutan singkong yang dipadatkan dengan cara ditumbuk. Lalu dibentuk sedemikian rupa dan kemudian dikukus. Cara makannya dicocol dengan parutan kelapa yang disangrai dan ditaburi dengan gula supaya manis. Dimakan tanpa ditaburi gula pun juga enak. Saya teringat makanan serupa sewaktu saya kecil di Surabaya. Namanya Pluntir. Bedanya, parutan singkong setelah dipadatkan dan ditambahi gula lalu dibungkus daun pisang baru kemudian dikukus.

Uli Jepret, makanan kampung khas dalam keaneka ragaman jajanan rakyat Indonesia.

1 komentar:

  1. makanan khas bogor.., serasa kembali ke masa kecil.., tq bro..!

    BalasHapus