SELAYANG BAYANG

SELAMAT DATANG

adalah ruang di mana ada kehidupan yang saling menghidupi. Mungkin ada puisi, mungkin ada cerita, mungkin ada renungan atau oleh-oleh kecil atas sebuah perjalanan, mungkin ada imaji, bahkan mungkin sekedar omelan belaka. Suka maupun tak, apabila berkenan, tinggalkan jejak kata.
Apapun, selamat menikmati. Semoga menjadi inspirasi.
Terima kasih telah berkunjung.

Senin, 06 Juli 2009

CELOTEH

AYO INDONESIA, KAMU BISA !!!


Hari ini, Senin 6 Juni 2009, pagi-pagi saya didatangi oleh utusan dari RW ( belum resmi ). Beliau memberikan titipan surat undangan C 4 Pilpres 2009 untuk dibagikan kepada warga di sekitar saya. Kapasitas saya di sini adalah Sekretaris RT ( belum resmi juga ). Ya, kami adalah warga kompleks perumahan yang baru saja dibangun. Yang juga baru saja membentuk formatur RT / RW sendiri yang kelak setelah pilpres akan diajukan ke kelurahan untuk diresmikan. Status warga kami juga masih amburadul. Tapi yang jelas sebagian sudah menjadi warga RT / RW lama ( yang sudah lebih dulu ada ) dan masih warga dari daerah masing-masing sebelum pindah ke kompleks perumahan ini. Dan undangan yang datang pagi ini adalah undangan bagi warga yang telah terdaftar sebagai warga baru di RT / RW yang sudah lebih dulu ada.

Pemilu legislatif lalu sebagian besar kami tak terdaftar di RT / RW ini. Mungkin terdaftar pada daerah asal masing-masing. Juga saya. Tapi saya sendiri tak mengeceknya di daerah asal saya, karena sudah di luar kota. Butuh waktu dan biaya tersendiri untuk mengurusnya.

Pagi ini, dengan pikiran agar secepatnya sampai pada yang berhak mendapatkan undangan maka sayapun bergerak. Tapi alamak, dari jumlah undangan yang tak sampai 60 lembar ini sebagian ( mungkin sekitar 20 % ) terjadi kerancuan. Antara lain alamat dan nama yang diundang tak cocok. Dan satu udangan tidak termasuk warga di sekitar saya. Tapi alhamdulillah, setelah di cocok-cocokan akhirnya terjadi kesalahan alamat dan nama cuma pada lingkungan RT saya. Jadi bisa saling ditukarkan satu sama lain. Entahlah, bagaimana ini bisa terjadi. Saya sendiri belum terlibat dalam pendataan warga waktu itu. Saya cuma didatangi oleh seorang sukarelawan RT ( lama ) untuk menyerahkan fotokpi KTP dan KK yang juga baru saja jadi.

Hmmm....baru kali ini saya turut terlibat dalam silang sengkarut Pemilu. Sebagai warga tingkat terbawah yang turut repot, terpikir oleh saya ; ini baru setingkat RT bagaimana untuk tingkat yang lebih atas ? Baru kali ini saya turut merasakan betapa semua ini adalah hal yang tak mudah untuk dilaksanakan. Betapa tidak. Penduduk selalu bergerak atau berpindah. Data kependudukan sudah tak valid. Mungkin ada tangan-tangan oknum yang ingin memenangkan pihak-pihak tertentu. Tingkat kepedulian warga yang beragam. Oh...INDONESIAKU, begitu runyamkah ?

Tapi sudahlah. Saya pikir, Pilpres sudah di pelupuk mata. Selama ini kitapun sudah disuguhi kampanye-kampanye Capres. Dalam benak kita, sebagai pemilih yang cerdas tentu sudah dapat menilai mana Capres yang lebih pantas memimpin negeri ini ke depan. Atau malah tak akan memilih dengan berbagai alasan. Silakan.

Yang kita butuhkan sekarang dan kedepan adalah Indonesia yang lebih maju di segala bidang dari sekarang. Indonesia yang data kependudukannya lebih rapi dari sekarang. Tapi alangkah baiknya kita sebagai warga negara berpartisipasi ( menurut saya, tak memilihpun dapat juga berpastisipasi ) demi sebuah negara yang tak lagi amburadul. Entah dengan cara apa dan bagaimana. Atau malah pesimistik ? Jangan. Anak cucu kita masih mau jadi warga negara Indonesia kan ?

Saya berjanji mulai dari saya dulu ah. Mudah-mudahan kelak jadi Sekretaris RT yang baik dan dapat melayani warga dengan administrasi yang tak amburadul.

AYO INDONESIA, KAMU BISA !




Bogor 0709

Tidak ada komentar:

Posting Komentar